bonhet.blogspot.com

selamat datang di blog ku,

Jangan lupa tinggalin komennya ya........

Minggu, 31 Januari 2010

KOTAK ( the reAl baNd, nOt drEam baNd )



KOtaK tErbeNtuk TanGGaL 27 SepTember 2004 DaLam acara the dream band.

PersoneL aWal terDiri ataS Cella (gitar), Ices (bass), Posan (drum), daN PaRe (vokal). PadA 2007, IceS dan ParE keLuar. PoSisi mereKa kemUdian diiSi TanTri padA vokaL dan ChuA sebaGai pembEtot bass.

The meaning Of nAme
nama KOTAK berarti 4 sisi dn 4 sudut yg brsatu menjadi bidang kotak yg menggambarkan 4 org dgn berbeda karakter nmun mnjdi 1 dlm musik

BaseCamp : Aksen MusIc-TamAn mini

Facebook personil KOTAK:

Tantri:
tantri_dua@yahoo.com

Chua:
chuakotak@rocketmail.com

Cella:
cella_c6blues@yahoo.com

Posan:
drumaksen@yahoo.com

KOTAK kemudian merilis album pertama, dengan karakter modern rock yang amat kental. Kuartet KOTAK mendapat apresiasi yang lumayanlah dari penggemar, yang kemudian mereka sebut dengan ‘kerabat KOTAK’.


Hilangnya Pare membuat mereka sempat vakum dan personilnya sempat “mbecak” [ini istilah untuk membuat proyek atau membantu penggarapan musisi lain –red]. Sempat terpikir untuk mencari vokalis cowok, tapi mereka merasa “berkah” yang mereka dapat adalah dengan formasi seperti awal, dua cowok dua cewek.

Sampai akhirnya kemudian mereka “nekat” melakukan audisi dan menemukan Tantri Syalin, sebagai vokalis pengganti Pare. Ada kisah unik tentang bergabungnya Tantri, yang juga jebolan Dream Band. Konon, ketika masih bersaing di Dream Band, Tantri yang gabung di band Ares, sempat nyeletuk, “Kayaknya asik nih kalau bisa jadi vokalis KOTAK.” Sementara KOTAK sendiri juga “melirik” Tantri dan berpikir, “Seru kalau KOTAK vokalisnya kaya Tantri.”

Chemistry itulah yang membuat Tantri tidak merasa kesulitan “ngepasin” karakter vokalnya dengan materi yang sudah jadi di KOTAK. Yang kemudian sulit adalah lepas dari bayang-bayang Pare.

“Berat banget, karena vokal Pare sudah jadi ikon di KOTAK. Awalnya ketika audisi manggung, banyak fans yang menganggap aku itu sebagai kru Pare, he..he. dan gue merasa harus bisa lebih dibanding Pare supaya bisa benar-benar lepas,” tukas Tantri yang ikut nimbrung bicara.

Materi album kedua, kemudian 100 % jadi. Tapi masalah baru muncul. Icez, bassis, memilih mundur dan bergabung dengan The Rock Indonesia, bentukan Ahmad Dani. “Kita bingung lagi, sampai kemudian menemukan Swasti ‘Chua’ Sabdastantri, sebagai basis,” jelas Cella.

Cewek cantik dan mungil itu lebih berkesan sebagai model majalah remaja ketimbang basis rock. Tapi itulah yang membedakan. Cua yang awalnya ngefans dengan KOTAK, akhirnya benar-benar menjadi personil KOTAK. Mahasiswi di salah satu kampus PR di Jakarta itu, mengaku harus “ngebut” menyesuaikan diri dengan materi yang sudah jadi.

“Aku sering banget dibandingkaan dengan basis lama. Mau gak mau, aku harus bisa lebih baik dari sebelumnya. atau paling tidak punya gaya sendiri,” celetuk cewek yang terlihat paling kolokan di KOTAK ini.

Oh ya, ada cerita mengenai personil paling bontot ini. Seorang cowok asal bandung sampai nangis hanya kepingin ketemu Cua. “Sampe dia nyamperin ke base camp di Jakarta. Katanya mereka punya geng di Bandung dan taruhan, kalo belum ketemu Cua, jangan pulang ke Bandung, ha..ha..ha,” lecek Cella dan Posan serempak.

Album “KEDUA” akhirnya rilis dengan sedikit kekuatiran, masih ingatkah fans KOTAK dengan band ini? “Tapi semua itu terjawab ketika banyak yang mendukung dan munculnya fans-fans baru,” jawal Cella sumringah.

Selain materi yang sudah lebih “ramah-pasar” imej yagn tampil sekarang pun lebih fresh. Di album pertama, KOTAK identik dengan gothic. KOTAK pun akhirnya mengakui, single ballada ternyata racun untuk menarik pendengar. “Kita sih menyebutnya ballada, karena vokal Tantri tetap rock. Kalau mau jujur, kuping indonesia dikasih lagu yang rada pinter, masih rada sudah nerimanya,” papar Cella.

Satu hal yang jadi ‘warning’ untuk KOTAK adalah, semua materi lagu digarap oleh Cella. Ketergantungan ini harus dipupus, meski Cella diberi talenta untuk itu. Kalau Cella hengkang atau “mati-karya” KOTAK bisa jadi band yang lagunya jadi rock basi. “Pelan-pelan personil lain nanti akan kita ajak diskusi setiap membuat lgu. Jadi kelak ketergantungan itu bisa kita kikis,” harap Cella.

Kini, Cella [gitar], Tantri [vokal], Posan [drum] dan Cua [bassis], benar-benar membuktikan, band karbitan itu tak cepat meletus dan hanya meninggalkan asap apek doang. KOTAK, band karbitan Dream Band itu, ternyata eksis dan bisa berkarya yang tidak karbitan. KOTAK sedang berproses menjadi the real band, bukan dream band lagi.

BIOFILE Chua

Nama Lengkap : Swasti Sabdastantri
Panggilan : Chua
Tempat/Tanggal Lahir : Makassar, 3 April 1988
Orangtua : Mochamad Sulastyo & Katrin Katarina
Album : Kotak Kedua


by interview Q-07

BIOFILE Tantri

Nama Lengkap : Tantri Syalindri ichlasari
Panggilan : Tantri
Tempat/Tanggal Lahir : Tangerang, 9 Agustus 1989
Orangtua : Dally Syanabar & Supriyati
Album : Kotak Kedua


Ditulis oleh Agus Ferdiana

Tidak ada komentar: